Landasan.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menggembirakan, menantang, memotivasi peserta latih untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor latih. (Peraturan Pemerintah No.19/2005 pasal 19)
Guru perlu menguasai dan mampu menerapkan aneka macam taktik pembelajaran yang mencakup pendekatan, sistem, dan teknik pembelajaran secara spesifik. Penguasaan versi pembelajaran akan mensugesti keberhasilan penerima bimbing dalam pembelajaran
Model pembelajaran yakni bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai selesai yang disuguhkan secara khas oleh guru di kelas.Dalam model pembelajaran terdapat seni manajemen pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Menurut Drs. H.Muhamad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar: Tidak ada model pembelajaran yang paling efektif untuk semua mata pelajaran atau untuk semua bahan. Pemilihan model pembelajaran untuk diterapkan guru di dalam kelas memikirkan beberapa hal:
1. tujuan pembelajaran
2. sifat materi pelajaran
3. ketersediaan fasilitas
4. kondisi penerima latih
5. alokasi waktu yang tersedia
Ciri-ciri versi pembelajaran yang baik:
- Adanya keterlibatan intelektual – emosional peserta bimbing melalui kegiatan mengalami, menganalisis, berbuat, dan pembentukan perilaku
- Adanya keikutsertaan akseptor asuh secara aktif dan kreatif selama pelaksanaan versi pembelajaran
- Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, perantara dan motivator kegiatan mencar ilmu penerima ajar
- Penggunaan berbagai tata cara, alat dan media pembelajaran
Beberapa Model Pembelajaran Kooperatif
1. Example non Example
Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
- Guru memberi isyarat dan memberi potensi pada penerima asuh untuk mengamati/menganalisis gambar
- Melalui diskusi kalangan 2-3 orang penerima bimbing, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
- Tiap kalangan diberi potensi membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menerangkan bahan sesuai tujuan yang ingin dicapai
- Kesimpulan
2. Picture and Picture
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin diraih
- Menyajikan bahan selaku pengirim
- Guru memperlihatkan/memberikan gambar-gambar acara berkaitan dengan bahan
- Guru menunjuk/mengundang peserta asuh secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Guru menanyakan argumentasi/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari argumentasi/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan desain/bahan sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
3. Number Head Together
Langkah-langkah :
- Peserta didik dibagi dalam kalangan, setiap akseptor bimbing dalam setiap golongan mendapat nomor
- Guru menunjukkan peran dan masing-masing kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan menentukan tiap anggota kalangan mampu mengerjakannya/ mengenali jawabannya
- Guru mengundang salah satu nomor akseptor didik dan akseptor didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil koordinasi diskusi kelompoknya.
- Tanggapan dari sahabat lainnya, lalu guru menunjuk nomor lainnya, dst
- Kesimpulan
4. STAD (Student Team Achievement Division)
Langkah-langkah :
- Membentuk kalangan yang anggotanya + 4 orang secara heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
- Guru menyuguhkan pelajaran
- Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
- Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh penerima latih. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling menolong
- Memberi evaluasi
- Kesimpulan
5. JIGSAW
Langkah-langkah :
- Peserta didik dikelompokkan ke dalam + 4 anggota tim
- Tiap orang dalam tim diberi bab materi yang berbeda
- Tiap orang dalam tim diberi bab materi yang diperintahkan
- Anggota dari tim yang berlawanan yang sudah mempelajari bab/sub bagian yang serupa berjumpa dalam kelompok gres (golongan andal) untuk mendiskusikan sub bagian mereka
- Setelah tamat diskusi sebagai tim hebat tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan terhadap sobat satu tim mereka perihal sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota yang lain mendengarkan dengan sungguh-sungguh
- Tiap tim mahir mempresentasikan hasil diskusi
- Guru memberi evaluasi
- Penutup
EmoticonEmoticon