Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yaitu suatu acara penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan Ipteks, dan ditulis dalam suatu makalah ilmiah sebagai bahan evaluasi dalam kompetisi ilmiah.
Ruang lingkup OPSI 2018 meliputi 3 bidang ilmu, yakni;
1. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni;
2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan;
3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.
Tema OPSI 2018 adalah ”Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kritis Siswa melalui Penelitian Ilmiah”.
Sub Tema ialah ”Meningkatkan Kemampuan Berinovasi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Lingkungan Sekitar demi Memberi Nilai Tambah bagi Masyarakat”.
Sasaran OPSI yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat di seluruh kawasan Indonesia sesuai ketentuan.
Persyaratan Peserta
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Terdaftar dan aktif selaku siswa Sekolah Menengah Pertama/MTs Negeri/Swasta atau yang sederajat pada kelas 7 dan 8 tahun pembelajaran 2017/2018 pada saat mengikuti lomba;
3. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (Dapodik);
4. Bukan juara 1, 2 dan 3 LPSN Sekolah Menengah Pertama tahun sebelumnya;
5. Berkelompok 2 - 3 siswa dalam setiap topik penelitian yang diseleksi. Untuk kaderisasi, dianjurkan salah satu anggota golongan dari kelas di bawahnya; dan
6. Hasil observasi belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.
Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema OPSI 2018. Judul hendaknya ekspresif, sesuai dengan topik yang ditulis serta tidak membuka peluang penafsiran ganda.
Materi yang diajukan harus berupa inspirasi/gagasan positif, inovatif, objektif dan kritis. Data yang diperoleh lewat hasil observasi kemudian dianalisis dan dibahas secara kritis dan sistematis serta diberikan final sesuai dengan rumusan masalah. Hasil observasi ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.
Sumber https://virtualpendampingan.blogspot.com
EmoticonEmoticon