Mengacu terhadap bimbingan evaluasi oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan tahun 2017, nilai pengetahuan didapatkan dari 3 teknik evaluasi, adalah:
a. Nilai Tes Tulis (mampu berupa soal PG, Uraian, isian, menjodohkan, B/S)
b. Nilai Tes Lisan c. Nilai Tugas
Ketiga teknik evaluasi di atas dilakukan untuk setiap KD pengetahuan. Jika ketiga teknik ini dilaksanakan pada satu KD tertentu (misal KD 3.3) maka niai selesai KD tersebut (KD 3.3) yang kemudian disebut dengan hasil evaluasi harian (HPH) merupakan rata-rata dari seluruh nilai dengan pembobotan atau dengan tidak memakai pembobotan.
Contoh dengan pembobotan: HPH = ((2 x nilai tulis) + nilai mulut + nilai peran) : 4
Contoh dengan rata-rata: HPH = (nilai tulis + nilai verbal + nilai tugas) : 3
Begitupun penilaian yang sama dikerjakan untuk setiap KD pengetahuan di satu semester. Pertanyaan yang sering dilontarkan guru; apakah setiap KD wawasan mesti dinilai dengan ketiga teknik penilaian tersebut? Jawabnya TIDAK HARUS. Minimal ada 1 teknik penilaian dikerjakan di setiap KD yang dipastikan mampu mengukur pengertian peserta asuh di KD tersebut.
Untuk menolong guru mata pelajaran merekap nilai pengetahuan, silahkan download format evaluasi wawasan yang mampu dipakai sekaligus untuk mengolah nilai simpulan (nilai Raport) sebelum dijalankan entri nilai di e-raport.
Selain melakukan evaluasi harian (PH) dari setiap KD wawasan satu semester di atas, guru mata pelajaran juga mesti melakukan penilaian tengah semester (PTS) dan evaluasi simpulan semester (PAS), sehingga ada 3 bagian hasil penilaian untuk mendapatkan hasil evaluasi final (HPA) pengetahuan adalah hasil penilaian harian (HPH), hasil evaluasi tengan semester (HPTS) dan hasil penialain akhri semester (HPAS). HPA mampu dihitung dengan cara merata-rata secara pribadi HPH, HPTS, dan HPAS; atau dihitung dengan memperlihatkan pembobotan.
Contoh dengan rata-rata : HPA = (HPH + HPTS + HPAS) : 3
Contoh dengan pembobotan: HPA = ((2 x HPH) + HPTS + HPAS) : 4 atau dengan pembobotan lainnya
EmoticonEmoticon