Berikut ini kami sajikan isyarat penyusunan setiap bagian RPP Kurikulum 2013 yang sudah lewat revisi tahun 2017/2018. Diharapkan memulai tahun pelajaran gres 2018/2019 semua Guru telah menyusun RPP sesuai fatwa ini dengan memperhatikan KOMPONEN RPP, KETERAMPILAN ABAD 21 (komunikasi, kreatif, kolaboratif, berfikir kritis), PENGUATAN KARAKTER, dan INTEGRASI LITERASI .
Berikut Petunjuk setiap bagian RPP
Berikut Petunjuk setiap bagian RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : … (Misal: Sekolah Menengah Pertama …)
Mata Pelajaran : ... (Misal: IPA)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Pengukuran)
Alokasi Waktu : … (Misal: 6 Pertemuan (15 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, yakin diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan kemajuan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, penduduk dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan konkret, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian terlihat mata.
- Menunjukkan keahlian menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, berdikari, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah positif dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang serupa dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator ialah jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi yaitu: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) sikap yang mampu diobservasi untuk ditarik kesimpulan selaku pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 meliputi wawasan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai permintaan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, mengetahui, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD | Indikator |
KD dari KI-1 (bila ada) | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (kalau ada KD-nya). |
KD dari KI-2 (bila ada) | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya). |
KD dari KI-3 | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi. |
KD dari KI-4 | Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi. |
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila suatu indikator pencapaian kompetensi masih mampu dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung komponen: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifik) akseptor didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian aktivitas pembelajaran (tuliskan kegiatan pembelajaran secara spesifik) penerima latih dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan ketiga
Dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan lewat pembelajaran yang direncanakan lewat RPP ini. Nilai-nilai perilaku utama yang dimaksud yaitu nilai-nilai perilaku sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti perilaku spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan konsentrasi dipilih menurut kesesuaiannya dengan bahan/kompetensi yangdibelajarkan dan/atau tata cara pembelajaran yang dipraktekkan. Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud mesti berhubungan dengan indikator pencapaian kompetensi yang meliputi wawasan konkret, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1. Materi pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir bahan sebagaimana dicakup oleh KD).
2. Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah butir bahan (kompetensi) pengayaan/ekspansi/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
3. Materi pembelajaran remedial
… (Tulis sejumlah butir bahan reguler yang diperkirakan susah dikuasai oleh sebagian/seluruh akseptor latih).
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih sistem pembelajaran yang dipraktekkan.
2. Metode pembelajaran yang diseleksi ialah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi penerima asuh meraih indikator-indikator KD beserta kecakapan periode 21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, versi, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama versi yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (contohnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G. Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb).
CONTOH
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku rujukan: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis postingan. Tahun terbit. Judul postingan. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan hukum yang berlaku)
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, aktivitas inti, dan kegiatan epilog.
2. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan aktivitas yang dikerjakan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta bimbing secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta latih YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan rumusan aktivitas guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan acara pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip berguru dari tata cara yang diterapkan.
5. Tulis jumlah JP untuk setiap konferensi dan alokasi waktu untuk acara pendahuluan, inti, dan epilog.
CONTOH
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan situasi berguru yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yakni … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang mau diraih, adalah … dan memperlihatkan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari, yakni ….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan bahan dan aktivitas yang hendak dilaksanakan, yakni ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang hendak digunakan, yakni ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN METODE SAINTIFIK:
Mengamati
Misal: Peserta didik memperhatikan gunung Merapi yang meletus yang disuguhkan lewat tayangan video dan mencatat apa saja yang belum dimengerti terkait dengan penanggulangan meletusnya gunung Merapi; menyaksikan video kemajuan dan kemajuan flora dan mencatat apa saja yang belum dikenali terkait dengan kemajuan dan pertumbuhan tumbuhan.
Catatan:
Fenomena yang diperhatikan oleh peserta latih mampu berbentukfenomena sebagaimana adanya di alam (pada suasana alami) dan/atau dalam bentuk versi, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta latih merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum dikenali terkait dengan penanggulangan bencana gunung Merapi atau perkembangan dan kemajuan tanaman.
Pertanyaan 1: … (wawasan kasatmata)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan nyata)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (wawasan konseptual)
Pertanyaan 6: … (wawasan konseptual)
Pertanyaan 7: … (wawasan prosedural)
Pertanyaan 8: … (wawasan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan isu/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Peserta asuh mewawancarai mahir vulkanologi dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam abad berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan gejala gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian akseptor asuh menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta bimbing.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta ajar membuat butir-butir final perihal ….
Guru bantu-membantu peserta latih melakukan kenali kelebihan dan kelemahan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, menghimpun gosip dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan berita yang diperoleh, dan mengomunikasikan tanggapan dengan cara ….
Guru guru memberi umpan balik peserta latih dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru memberikan kegiatan mencar ilmu yang dikerjakan sebagai PR adalah ….
Guru mengumumkan aktivitas belajar yang akan dikerjakan pada konferensi berikutnya, adalah ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan situasi mencar ilmu yang menggembirakan dengan ….
2) Guru menganalisa penguasaan kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya, yakni … dengan cara ….
3) Guru memberikan aktivitas pembelajaran dan penilaian yang hendak dilakukan, yakni ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan gosip/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
Mengumpulkan gosip/data/menjajal – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)
…
· Dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta latih (a) menciptakan butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bareng dengan akseptor ajar mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan kegiatan pembelajaran (yakni aktivitas menghimpun info dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan info yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan tanggapan dengan cara ….
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
Guru melakukan melaksanakan evaluasi dengan teknik ….
Guru memberikan acara belajar yang dikerjakan selaku PR yaitu ….
Guru memberitahukan kegiatan berguru yang mau dilaksanakan pada konferensi selanjutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru memeriksa penguasaan kompetensi yang telah dipelajari sebelumnya, yakni … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan acara pembelajaran dan evaluasi yang hendak dijalankan, adalah ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan berita/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
· …
· Mencipta
Misal: Peserta bimbing menciptakan isyarat langkah-langkah penanggulangan menjelang, dikala, dan paska letusan gunung api atau merumuskan ide pembudidayaan flora yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru bersama-sama peserta didik menciptakan butir-butir selesai terkait ….
Guru bahu-membahu penerima bimbing melakukan identifikasi kelebihan dan kelemahan aktivitas pembelajaran (ialah acara menghimpun gosip dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan info yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan tanggapan dengan cara …; serta mencipta …
Guru melaksanakan evaluasi dengan teknik ….
Guru menginformasikan pembelajaran remedi, yakni …
Guru menginformasikan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
Guru menginformasikan planning pembelajaran pada konferensi selanjutnya, yakni ….
I. Penilaian
1. Teknik evaluasi
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian perilaku spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Observa si | Jurnal | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berjalan | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
2 | Penilaian diri | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran usai | Penilaian selaku pembelajaran (assessment as learning) | |
3 | Penilaian antar sahabat | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian selaku pembelajaran (assessment as learning) |
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian perilaku sosial dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Observa si | Jurnal | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berjalan | Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
2 | Penilaian diri | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran usai | Penilaian selaku pembelajaran (assessment as learning) | |
3 | Penilaian antar teman | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
c. Pengetahuan
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Lisan | Pertanyaan (mulut) dengan tanggapan terbuka | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berjalan | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) |
2 | Penugasan | Pertanyaan dan/atau peran tertulis berupa esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berlangsung | Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan selaku pembelajaran (assessment as learning) |
3 | Tertulis | Pertanyaan dan/atau peran tertulis berupa esei, opsi ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau yang lain | Lihat Lampiran ... | Setelah pembelajaran usai | Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) |
4 | Portofolio | Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penunjukkanatau tes tertulis | Saat pembelajaran usai | Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning) |
d. Keterampilan
No | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Praktik | Tugas (keterampilan) | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berjalan dan/atau sesudah usai | Penilaian untuk, selaku , dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
2 | Produk | Tugas (keterampilan) | Lihat Lampiran ... | Saat pembelajaran berjalan dan/atau sesudah usai | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
3 | Proyek | Tugas besar | Lihat Lampiran ... | Selama atau usai pembelajaran berjalan | Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
4 | Portofolio | Sampel produk terbaik dari peran atau proyek | Saat pembelajaran usai | Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian kemampuan |
2. Pembelajaran Remedial
Tulis acara pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• tutorial individual
• berguru kalangan
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta bimbing yang belum meraih ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis evaluasi, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi acara pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman bahan (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesusahan lebih tinggi, meringkas buku-buku rujukan dan mewawancarai narasumber.
..............., ................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP____________
_____________________ ___________________
NIP. ... NIP. ....
EmoticonEmoticon