Kamis, 21 Mei 2020

Contoh Soal Lots Dan Hots Seputar Covid-19


Pemberlakuan siswa belajar di rumah diperpanjang. Guru mesti merancang pembelajaran dari rumah untuk siswa bisa berguru di rumahnya masing-masing. Sebagian siswa mampu berguru secara online, namun sebagian lagi tidak mampu melakukannya.
Guru mesti dapat mendesain pembelajaran berbasis online dan offline biar semua siswa menerima layanan pembelajaran yang serupa.
Berikut ini tulisan yang disadur dari whatsapp yang mudah-mudahan dapat membantu guru mendesain tugas bagi siswanya.



CONTOH SOAL LOTS DAN HOTS SEPUTAR COVID-19
Penyusun: Idris Apandi
(Penulis Buku Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS)
Jenis Soal :Essai

A. Lower Order Thinking Skills (LOTS)

- C-1 (Mengetahui):
1. Apa nama virus yang saat ini menjadi wabah di banyak negara di dunia?
2. COVID-19 pertama kali ditemukan di negara mana?
3. Apa nama hewan yang disangka menjadi penyebar COVID-19?
4. Sebutkan ciri-ciri daerah yang menjadi kawasan penyebaran COVID-19?
5. Sebutkan gejala-gelaja orang yang terkena COVID-19?
6. Berapa hari masa inkubasi COVID-19?
7. Apa saja bahan-materi yang mampu dipakai untuk menciptakan hand sanitizer sendiri?
8. Apa saja materi-bahan yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan sendiri?
9. Apa saja tumbuhan herbal yang mampu mencegah COVID-19?
10. Apa saja nama Alat Pengaman Diri (APD) yang dipakai oleh dokter dan perawat saat menangani pasien COVID-19?
11. Sebutkan beberapa nama rumah sakit yang menjadi acuan bagi pasien COVID-19!
12. Berapa jarak yang kondusif antara satu orang dengan orang yang lain dalam social distancing?
13. Apa saja hal faktual dan produktif bisa yang dilakukan bila warga diwajibkan untuk melakukan karantina mampu berdiri diatas kaki sendiri di rumah untuk menghalangi peredaran COVID-19?

- C-2 (Memahami):
1. Bagaimana proses penyebaran COVID-19?
2. Jelaskan penyebab seseorang terpapar COVID 19!
3. Apa dampaknya jikalau seseorang yang telah terpapar COVID-19?
4. Mengapa orang yang telah berstatus Orang Dalam Pemantauan (OPD) COVID-19 harus dikarantina selama 14 hari?
5. Apa risikonya bila seorang penderita COVID-19 terlambat dikerjakan oleh tenaga medis?
6. Mengapa pemerintah menerapkan kebijakan bekerja di rumah, mencar ilmu di rumah, dan beribadah di rumah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19?
7. Apa manfaat melakukan pekerjaan di rumah, mencar ilmu di rumah, dan beribadah di rumah yang suka disebut karantina berdikari dalam menangkal penularan COVID-19?
8. Mengapa sabun basuh tangan lebih efektif membunuh virus atau basil dibandingkan hand sanitizer?
9. Mengapa orang diusulkan berjemur di pagi hari antara 30 menit hingga dengan 1 jam untuk mengantisipasi terkena COVID-19?
10. Mengapa masih ada orang yang menguruk masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang lebih membutuhkannya?
11. Apa sanksi yang pantas diberikan kepada orang yang menguruk masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang membutuhkannya?
12. Bagaimana perilaku kamu misalnya jika ada salah satu anggota keluarga atau tetangga yang terkena COVID-19?
13. Setujukah kamu dengan kebijakan penutupan daerah ibadah, pasar, dan sentra perbelanjaan untuk menghalangi penyebaran COVID-19? Jelaskan karena!
14. Pola hidup bersih dan sehat mampu menghalangi penyebaran COVID-19. Mengapa? jelaskan alasannya adalah!
15. Apa yang mesti dilaksanakan oleh penduduk dalam mendukung pemerintah menangani COVID-19?
16. Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, bagaimana cara kita menanggapi wabah COVID-19?
17. “Diam di rumah untuk menyelamatkan diri Anda dan orang lain.” Jelaskan maksud kalimat tersebut dikaitkan dengan pencegahan COVID-19!
18. Dalam menghadapi wabah COVID-19, masyarakat diimbau berhati-hati dan tidak panik. Jelaskan tujuannya!
19. Apa perbedaan antara Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)?

- C-3 (Menerapkan):
1. Ceritakan cara pencegahan COVID-19 yang di lingkungan daerah tinggalmu!
2. Ceritakan acuan hidup higienis dan sehat di rumahmu!
3. Bagaimana cara batuk atau bersin yang baik dan beretika semoga tidak menular kepada orang lain?
4. Bagaimana cara cuci tangan yang efektif untuk menghindari COVID-19?
5. Deskripsikan cara social distancing yang kondusif untuk menghindari COVID -19?

B. Higher Order Thinking Skills (HOTS)

- C-4 (Menganalisis):
1. Menurut kau, mengapa terjadi panic buying ketika pemerintah menginformasikan COVID-19 telah masuk ke Indonesia?
2. Mengapa wabah COVID-19 sangat cepat menyebar di Indonesia?
3. Mengapa pemerintah lebih menentukan upaya social distance dan physical distance dibandingkan dengan lockdown?
4. Apa efek wabah COVID-19 kepada perekonomian masyarakat?
5. Menurut kau, kelompok penduduk mana yang perlu diprioritaskan untuk menjadi sasaran rapid test COVID-19? Jelaskan karena!
6. Menurut kau, mengapa di lapangan sampai banyak terjadi kelangkaan masker dan Alat Pengaman Diri?
7. Menurut kau, apakah tindakan abdnegara keamanan membubarkan kerumunan massa untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah langkah yang sempurna? Jelaskan karena!
8. Apa yang mesti dijalankan oleh pemerintah untuk menyadarkan penduduk agar mau membisu di rumah dalam waktu tertentu untuk menangkal penyebaran COVID-19?
9. Setujukan kamu jikalau para tenaga kesehatan yang mengatasi pasien COVID-19 diberikan bantuan khusus oleh pemerintah? Jelaskan sebab!
10. Mengapa masyarakat masih banyak yang yakin terhadap HOAKS seputar COVID-19?
11. Apa dampak HOAKS COVID-19 kepada keamanan dan ketertiban hidup masyarakat?
12. Apa yang mesti dijalankan oleh pemerintah dan masyarakat untuk menangani banyak beredarnya HOAKS terkait COVID-19?
13. Langkah-langkah apa yang harus dikerjakan oleh pemerintah untuk menekan makin bertambahnya korban COVID-19?
14. Langkah-langkah apa yang harus dikerjakan oleh pemerintah terhadap penduduk yang terdampak COVID-19?
15. Apa yang mesti dijalankan oleh pemerintah untuk mempertahankan ketersediaan keperluan pokok jikalau suatu saat diberlakukan kebijakan lockdown?



- C-5 (Mengevaluasi):
1. Bagaimana sejauh ini kesiapsiagaan pemerintah dalam mengatasi COVID-19?
2. Bagaimana kesiapan rumah sakit dalam menangani mengatasi pasien COVID-19?
3. Bagaimana kesiapan tenaga medis dalam menanggulangi pasien COVID-19?
4. Bagaimana sejauh ini ketersediaan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang mengatasi pasien COVID-19?
5. Bagaimana efektivitas terusan cricis center yang dibuat oleh pemerintah dalam memperlihatkan isu COVID-19 terhadap penduduk ?
6. Bagaimana efektivitas kebijakan melakukan pekerjaan dari rumah, mencar ilmu dari rumah, dan beribadah dari rumah dalam menekan penyebaran COVID-19?
7. Bagaimana sejauh ini efektivitas upaya social distance dan physical distance yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19?
8. Bagaimana tingkat kesadaran penduduk terhadap kebijakan social distance dan physical distance yang diberlakukan oleh pemerintah?
9. Bagaimana efektivitas penghapusan aneka macam acara yang melibatkan banyak orang selaku upaya mencegah penyebaran COVID-19?
10. Bagaimana peran media dalam ikut menyosialisasikan bahaya COVID-19?
11. Apa kritik dan saran Anda terhadap pencegahan dan penanganan COVID-19 terhadap aneka macam pihak terkait?

- C-6 (Mencipta):
1. Buatlah sebuah video atau poster yang isinya mengampanyekan kewaspadaan kepada COVID-19!
2. Buatlah suatu video atau poster yang berisi sumbangan terhadap pasien COVID-19 untuk mampu sembuh!
3. Buatlah suatu video atau poster berisi derma dan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang mengatasi pasien COVID-19!
4. Buatlah suatu video atau poster yang berisi tutorial cara mencuci tangan baik agar terhindar dari COVID-19!
5. Buatlah suatu puisi yang isi doa dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menanggulangi pasien COVID-19!
6. Buatlah laporan singkat berhubungan perihal acara kamu selama belajar di rumah!
7. Buatlah sebuah informasi atau reportase ihwal upaya pencegahan COVID-19 di daerahmu!

Semoga berguna



Sumber https://virtualpendampingan.blogspot.com


EmoticonEmoticon