B, EKA = 3 EKB 5. Perhatikan gambar jungkat-jungkit berikut!
Jika jarak P - Q = 1,5 m dan Q - R = 1 m. Agar jungkat-jungkit menjadi seimbang, yang mampu dilakukan yaitu ….
A. menggeser beban 200 N sejauh 30 cm menjauhi Q
B. memindah beban 360 N sejauh 15 cm mendekati Q
C. menambahkan beban 50 N ke atas beban 200 N
D. menyertakan beban 120 N ke atas beban 200 N
6. Suatu percobaan pemuatan listrik statis pada suatu benda, memperoleh hasil seperti pada tabel di bawah ini.
Percobaan ke-
Uraian Kegiatan
Proses Perpindahan Elektron
Akibat (Hasil)
(1)
batang beling digosok dengan sutera
dari batang beling ke sutera
batang beling (+), sutera (-)
(2)
mistar plastik digosok dengan rambut manusia
dari rambut manusia ke mistar plastik
rambut manusia (+), mistar plastik (-)
(3)
balon digosok dengan wool
dari balon ke kain wool
balon (+), wool (-)
(4)
kayu hitam digosok dengan wool
dari wool ke ebonit
Wool (+), ebonite (-)
Hasil percobaan di atas yang benar ialah percobaan ke- ....
A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4) 7. Perhatikan gambar berikut!
Jika gelombang sonar yang dipancarkan kelelawar mempunyai cepat rambat 331 m/s dan gelombang diterima kembali oleh kelewar sesudah 0,04 sekon, berapakah jarak antara kelelawar dengan serangga?
A. 3,31 m
B. 6,62 m
C. 13,24 m
D. 66,20 m
8. Sekelompok siswa menyusun rangkaian listrik yang terdiri atas 3 lampu yang dihubungkan dengan sumber tegangan mirip gambar.
Hasil pengukuran berpengaruh arus I = 1 A, kemudian golongan siswa tersebut mendiskusikan daya tiap lampu. Daya lampu 1, lampu 2, dan lampu 3 yang benar berturut-turut sebesar ….
A. 0,5 W, 1 W, 2,5 W B. 20 W, 10 W, 4 W C. 10 W, 10 W, 10 W D. 5 W, 10 W, 25 W 9. Perhatikan gambar berikut!
Dari keempat gambar di atas yang dapat menjadikan penyimpangan jarum Galvanometer paling besar yaitu gambar ....
A. a
B. b
C. c
D. d
10. Perhatikan komponen-bagian ekosistem berikut! (1) Air maritim
(2) Tanah liat
(3) Tumbuhan
(4) Jasad renik
Komponen ekosistem yang ialah unsur biotik di alam ialah ....
A. (1) dan (2) B. (1) dan (4) C. (2) dan (3) D. (3) dan (4)
11. Perhatikan gambar berikut!
Ciri makhluk hidup yang nampak pada gambar tersebut yakni ....
A. berkembangbiak
B. peka kepada rangsang C. membutuhkan kuliner D. memerlukan oksigen 12. Perhatikan gambar berikut!
Hewan yang dapat dikelompokkan menjadi satu kelompok yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (4)
13. Perhatikan bagan jaring-jaring masakan berikut! Pada jaring-jaring makanan di atas, teladan interaksi yang mampu dikelompokkan selaku predasi terjadi antara ....
A. tikus dengan ular B. belalang dengan ulat C. belalang dengan tikus D. harimau dan pengurai 14. Berikut ialah data hasil observasi imbas penggunaan pestisida di daerah pertanian dari tahun 2013-2015 terhadap jumlah ikan di bak sekitarnya.
Pernyataan yang memperlihatkan perjuangan yang sempurna dijalankan oleh peternak ikan yaitu ….
B. pestisida dipakai dengan dosis cukup dan penyemprotan dilaksanakan waktu hujan biar keunggulan pestisida dibuang ke perairan di sekitarnya.
D. melarang petani menggunakan pestisida karena sisa pestisida akan terbawa air tanah dan masuk ke kolam ikan
15. Pengolahan kacang kedelai sebagai bahan masakan secara konvensional cuma digoreng dan direbus. Pengolahan mirip ini kurang baik sebab protein yang terkandung dalam kacang kedelai masih sulit dicerna oleh insan. Saat ini kacang kedelai lewat proses bioteknologi sederhana dengan pemberian ragi diolah menjadi tempe. Apa laba hasil olahan kacang kedelai menjadi tempe tersebut?
B. Jumlah kacang kedelai dimanfaatkan lebih banyak sehingga petani menjadi lebih makmur.
C. Protein yang terkandung dalam kacang kedelai sesudah menjadi tempe lebih gampang dicerna oleh badan insan.
16. Pengembangan perkebunan kelapa sawit memiliki imbas negatif kepada ekosistem, diantaranya adalah hilangnya ekosistem hutan hujan tropis, keragaman hayati, dan plasma nutfah. Alih fungsi lahan tersebut juga sering mengakibatkan hewan (gajah, harimau, dll) menghancurkan lahan pertanian dan perumahan penduduk, bahkan menimbulkan korban jiwa bagi penduduk sekitar, seperti yang terjadi di provinsi Jambi dan Bengkulu. Hal tersebut disebabkan oleh ….
A. pertentangan antar satwa, maupun konflik satwa dengan manusia bersaing di kebun kelapa sawit
B. hewan memiliki kawasan yang cukup untuk hidup dan berkembangbiak di kebun kelapa sawit
C. hilangnya sejumlah sumber air, sehingga menyebabkan kekeringan, kenaikan suhu, dan gas rumah kaca
D. kehancuran habitat tumbuhan dan fauna, hewan tidak lagi mempunyai daerah yang cukup untuk hidup dan meningkat biak
17. Perhatikan tabel berikut! No
Nama Enzim
Fungsi
(1)
Pepsin
Mengubah protein menjadi pepton
(2)
Amilase
Mengubah maltosa menjadi glukosa
(3)
Renin
Menggumpalkan protein susu (kasein)
(4)
Tripsin
Mengubah protein menjadi asam amino
Pada tabel di atas, nama enzim yang dihasilkan di lambung beserta fungsinya yaitu ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3) C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
18. Perhatikan tabel pembuluh nadi dan pembuluh balik di bawah ini! No.
Pembuluh Nadi
Pembuluh Balik
(1)
Denyut terasa
Denyut tidak terasa
(2)
Letak dekat permukaan badan
Letak agak ke dalam
(3)
Dinding pembuluh tipis
Dinding pembuluh tebal dan elastis
(4)
Katup hanya satu, bersahabat aorta
Katup di sepanjang pembuluh darah
Pernyataan yang benar pada tabel di atas ditunjukkan oleh nomor ….
C. (2) dan (3)
19. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjukan oleh karakter X pada gambar di atas yakni ....
A. medulla B. korteks C. ureter D. pelvis 20. Ani menciptakan preparat irisan melintang dari dua batang pohon yang berbeda dan mengamatinya di bawah mikroskop. Hasil observasi irisan batang tersebut yaitu seperti gambar berikut.
Dari hasil observasi tersebut Ani dapat mengenali jenis tumbuhan tersebut ialah ….
A. batang X yaitu batang tumbuhan monokotil sebab memiliki bagian organ yang ditunjuk tanda panah B. batang X ialah batang flora dikotil sebab memiliki bab organ yang ditunjuk tanda panah C. batang Y ialah batang flora dikotil alasannya adalah memiliki bab organ yang ditunjuk tanda panah D. batang Y yaitu batang tumbuhan monokotil alasannya adalah mempunyai bab organ yang ditunjuk tanda panah
21. Perhatikan data berikut! (1) Bilik kiri
(2) Paru-paru
(3) Bilik kanan
(4) Pembuluh nadi tubuh
(5) Seluruh bab tubuh
(6) Pembuluh nadi paru-paru
Darah yang banyak mengandung O2 mengalir dari …. A. (1) – (4) – (5) B. (1) – (2) – (6) C. (3) – (6) – (2) D. (3) – (4) – (5) 22. Mekanisme ide pada pernapasan perut ialah ….
A. diagfragma relaksasi – volume rongga dada turun – tekanan rongga dada membesar – udara paru-paru keluar
B. diagfragma berkontraksi – volume rongga dada membengkak – tekanan udara rongga dada menurun – udara luar masuk kedalam paru-paru
C. otot antar tulang rusuk relaksasi – tulang rusuk turun – rongga dada mengecil – volume rongga dada mengecil – tekanan udara rongga dada membesar - udara keluar dari paru-paru D. otot antar tulang rusuk berkontraksi – tulang rusuk terangkat – rongga dada membengkak – volume rongga dada membengkak – tekanan udara rongga dada menurun – udara luar masuk ke paru-paru 23. Hati ialah organ utama yang bertanggung jawab kepada keselamatan zat yang beredar ke seluruh tubuh. Karena itu, hati sering rusak bila di dalam kuliner terkandung zat beracun dan zat sisa yang tak berguna. Upaya yang harus dikerjakan semoga hati kita tetap sehat adalah ....
A. memakan buah-buahan dan tidur B. memakan minuman berwarna dan olah raga
C. mengkonsumsi obat anti biotik dan istirahat yang cukup
D. menyingkir dari masakan yang mengandung materi kimia berbahaya 24. Perhatikan ciri-ciri jaringan berikut ini! (1) Terdiri atas sel-sel hidup.
(2) Sel berupa persegi panjang.
(3) Sel-selnya tersusun rapat dan tidak mempunyai ruang antar sel.
Berdasarkan ciri-ciri di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa jaringan yang dimaksud yaitu .... A. jaringan meristem yang berfungsi untuk melindungi tubuh tumbuhan B. jaringan epidermis yang berfungsi untuk melindungi tubuh tumbuhan C. jaringan meristem yang berfungsi dalam perkembangan tubuh flora D. jaringan epidermis yang berfungsi dalam pertumbuhan badan tumbuhan 25. Perhatikan perangkat percobaan fotosintesis berikut!
Gambar (a) memperlihatkan adanya gelembung dalam tabung reaksi, gambar (b) tidak terdapat gelembung pada tabung reaksi. Berdasarkan percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa ....
A. fotosintesis terjadi di kedua tabung B. fotosintesis tidak terjadi di kedua tabung C. fotosintesis dipengaruhi cahaya matahari D. fotosintesis menciptakan gelembung gas PENASARAN MAU COBA LAGI
EmoticonEmoticon