Minggu, 05 April 2020

Format Observasi Praktik Pembelajaran Dan Evaluasi


Format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian
(Tematik Terpadu/Mata Pelajaran)

Nama Peserta  : _________________________________________
Kelompok         :  ________________________________________
Kelas                 : _________________________________________
Tema/Subtema/Mapel         : _________________________________________


Aspek
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
Pendahuluan
1.  Mengucapkan salam dan mengajak berdo’a;
2.  Mengajak bernyanyi lagu-lagu nasional;
3.  Membacakan buku bacaan selama 15 menit sebelum aktivitas belajar di mulai;
4.  Mengondisikan suasana berguru yang menggembirakan;
5.  Mengaitkan materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan bahan yang mau dipelajari selaku apersepsi;
6.  Menyampaikan kompetensi yang hendak diraih dan garis besar aktivitas yang mau dilakukan; dan
7.  Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan dipakai.





Kegiatan Inti
1.  Menguasai materi pembelajaran dengan seperangkat nilai-nilai utama huruf, budaya/kearifan setempat dan bisa mengaitkan materi dengan kecakapan literasi terkait dengan kehidupan faktual;
2.  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang mau dicapai dan disuguhkan secara sistematis;
3.  Menyajikan pembelajaran yang menggabungkan antara lain keterpaduan antarmuatan pelajaran, keterpaduan antara perilaku/nilai karakter, literasi, wawasan, dan kemampuan serta keterpaduan muatan pelajaran dengan tema/mata pelajaran;
4.  Menyajikan pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya kawasan/kearifan lokal;
5.  Menyajikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat;
6.  Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam penggunaan  media dan sumber belajar; dan
7.  Menumbuhkan partisipasi aktif penerima ajar lewat interaksi guru, akseptor latih, sumber belajar (buku, model alat peraga, lingkungan).





Penilaian
1.  Melaksanakan evaluasi perilaku.
2.  Melaksanakan evaluasi wawasan.
3.  Melaksanakan penilaian keahlian.




Penutup
1.  Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran;
2.  Menfasilitasi dan membimbing penerima ajar  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran;
3.  Memberikan umpan balik kepada proses dan hasil pembelajaran;
4.  Merencanakan acara tindak lanjut, khusus bagi penerima ajar yang membutuhkan pelayanan khusus diberikan sumbangan psiko-edukasi, dan remedial / pengayaan;
5.  Menyampaikan planning pembelajaran pada konferensi berikutnya;
6.  Menyanyikan lagu tempat yang sesuai dan pantas untuk penerima ajar;
7.  Berdoa.





Panduan penskoran:
Peringkat
Kriteria
SangatBaik  ( SB)
·         91-100%  faktor yang dinilai terpenuhi dan dikerjakan dengan tepat.
Baik  (B)
·         76-90%  aspek yang dinilai tercukupi dan dilaksanakan dengan sempurna
Cukup (C)
·         50-75%  aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu ditingkatkan
Perlu Bimbingan (PB)
·         <50% faktor yang dinilai tercukupi dan masih perlu  ditingkatkan.




Sumber https://opstirtayasa.blogspot.com


EmoticonEmoticon