Format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian
(Tematik Terpadu/Mata Pelajaran)
Nama Peserta : _________________________________________
Kelompok : ________________________________________
Kelas : _________________________________________
Tema/Subtema/Mapel : _________________________________________
Aspek | Kriteria | |||
Sangat Baik | Baik | Cukup | Perlu Bimbingan | |
Pendahuluan 1. Mengucapkan salam dan mengajak berdo’a; 2. Mengajak bernyanyi lagu-lagu nasional; 3. Membacakan buku bacaan selama 15 menit sebelum aktivitas belajar di mulai; 4. Mengondisikan suasana berguru yang menggembirakan; 5. Mengaitkan materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan bahan yang mau dipelajari selaku apersepsi; 6. Menyampaikan kompetensi yang hendak diraih dan garis besar aktivitas yang mau dilakukan; dan 7. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan dipakai. | | | | |
Kegiatan Inti 1. Menguasai materi pembelajaran dengan seperangkat nilai-nilai utama huruf, budaya/kearifan setempat dan bisa mengaitkan materi dengan kecakapan literasi terkait dengan kehidupan faktual; 2. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang mau dicapai dan disuguhkan secara sistematis; 3. Menyajikan pembelajaran yang menggabungkan antara lain keterpaduan antarmuatan pelajaran, keterpaduan antara perilaku/nilai karakter, literasi, wawasan, dan kemampuan serta keterpaduan muatan pelajaran dengan tema/mata pelajaran; 4. Menyajikan pembelajaran dengan mengintegrasikan budaya kawasan/kearifan lokal; 5. Menyajikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat; 6. Menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam penggunaan media dan sumber belajar; dan 7. Menumbuhkan partisipasi aktif penerima ajar lewat interaksi guru, akseptor latih, sumber belajar (buku, model alat peraga, lingkungan). | | | | |
Penilaian 1. Melaksanakan evaluasi perilaku. 2. Melaksanakan evaluasi wawasan. 3. Melaksanakan penilaian keahlian. | | | | |
Penutup 1. Menfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran; 2. Menfasilitasi dan membimbing penerima ajar untuk merefleksi proses dan materi pelajaran; 3. Memberikan umpan balik kepada proses dan hasil pembelajaran; 4. Merencanakan acara tindak lanjut, khusus bagi penerima ajar yang membutuhkan pelayanan khusus diberikan sumbangan psiko-edukasi, dan remedial / pengayaan; 5. Menyampaikan planning pembelajaran pada konferensi berikutnya; 6. Menyanyikan lagu tempat yang sesuai dan pantas untuk penerima ajar; 7. Berdoa. | | | | |
Panduan penskoran:
Peringkat | Kriteria |
SangatBaik ( SB) | · 91-100% faktor yang dinilai terpenuhi dan dikerjakan dengan tepat. |
Baik (B) | · 76-90% aspek yang dinilai tercukupi dan dilaksanakan dengan sempurna |
Cukup (C) | · 50-75% aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu ditingkatkan |
Perlu Bimbingan (PB) | · <50% faktor yang dinilai tercukupi dan masih perlu ditingkatkan. |
Sumber https://opstirtayasa.blogspot.com
EmoticonEmoticon