Jumat, 10 April 2020

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok dari Seorang Mantan Perokok

Cara menghilangkan kebiasaan merokok itu nggak gampang, intinya harus berasal dari dalam hati kecil dan pikiran kita. Dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa merokok itu berbahaya. Selain itu tanpa ada paksaan serta disuruh suruh oleh siapapun, sebab itu tidak akan berhasil.


Kebiasaan

merokok memang merugikan serta merusak kesehatan baik diri sendiri maupun orang

yang berada disekeliling. Untuk itu, pilihan utama adalah menghilangkan kebiasaan merokok agar terhindar dari gangguan kesehatan yang diakibatkan

rokok.


Akibat merokok

yang paling parah adalah pemicu kerusakan sistem pernafasan seperti kerusakan

paru paru, kanker mulur, kanker vita suara dan berbagai gangguan lainnya

Jantung, Impotensi dan lain lain. Banyak orang sudah merasakan dampaknya,

mungkin juga sudah tak terhitung jumlah korbannya.


Jadi

sebelum rokok menghilangkan nyawa Anda, sebaiknya segera berhenti merokok demi

kesehatan Anda. Cara menghilangkan kebiasaan merokok memang tidak mudah,

dibutuhkan tekad yang kuat, niat yang tulus, mengubah mindset dan perlu

kedisiplinan.


Namun

tahukah Anda, bahwa jika Anda ingin berhasil tentu diperlukan pengorbanan.

Demikian pula jika Anda ingin berhenti merokok, juga perlu pengorbanan dan

dipupuk dari dalam hati agar bisa berjalan mulus.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok dari Seorang Mantan Perokok


5 tahun

yang lalu saya juga merupakan perokok berat, dalam sehari bisa menghabiskan

hingga 2 bungkus rokok. Untunglah resolusi tahun 2011 berhasil mengubah

semuanya, pada akhirnya saya berhasil berhenti merokok tanpa ada konflik dalam

batin saya.


Cara menghilangkan kebiasaan merokok yang

saya lakukan tidak dimulai dengan mengurangi. Berhenti merokok scara total itu

jalan yang saya pilih dan setelah itu tidak pernah ada lagi sebatang bahkan

secuilpun saya menghirup nikotin.


Tapi

sayangnya, menghentikan kebiasaan merokok yang sudah berhasil saya lakukan

tidak lantas membuat saya berpuas diri. Masalah lain juga ikut muncul seolah

mengikuti, seperti perokok aktif masih berada disekitar saya.


Saya

sadar teman teman saya juga perlu melakukannya, karena menurut penelitian

perokok pasif juga lebih beresiko dari pada perokok aktif.


Nah,

jika Anda ingin serius mengetahui cara menghilangkan kebiasaan merokok,

berikut ini ada bebepa tips yang bisa Anda simak sekaligus Anda terapkan, simak

selengkapnya:



Mengubah Mindset


Untuk

bisa berhenti merokok, tugas yang paling utama adalah mengubah pikiran kita. Karena

semua aktivitas yang kita lakukan bermula dari pikiran kita. Jika niat kita

kuat, serta kemaun kita tulus, maka saya yakin kita bisa melakukannya.


Ubahlah

pola pikir Anda dengan cara tidak memikirkan rokok, saat Anda memiliki hasrat

merokok. Jika perlu buang jauh jauh rokok dari pandangan Anda, jangan sampai

ada sebatang pun, bahkan bungkus kosong juga Anda singkirkan.




Menyendirilah


Untuk

mengubah mindset dan tidak memikirkan rokok, jalan satu satunya adalah berhenti

merokok. Anda harus menyepi dan disana tidak ada orang lain terutama orang yang

merokok. Ingat, niat Anda harus bulat dan semangat Anda untuk berhenti merokok

harus tetap berkibar.


Agar

Anda tidak ingat, maka buatlah kesibukan lain seperti membaca, menonton

televisi atau bermain game kesukaan Anda. Jika pikiran mulai ingat lagi,

cobalah untuk mengalihkan perhatian dan konsentrasi Anda dengan cara mengambil

barang lain seperti permen atau secangkir kopi.


Didalam

penyendirian Anda, lakukan hingga 3 hari, karena tahap awal untuk berhenti

merokok adalah dimulai pada 3 hari pertama.


Formula 333


Untuk

dapat berhenti merokok secara total, saya memiliki jurus ampuh yang saya sebut

formula 333. 3 hari 3 minggu dan 3 bulan. Pertama kali, saya berhenti merokoko

selama 3 hari, cobalah selama itu kemudian rasakan reaksi yang terjadi pada

tubuh Anda. Saya yakin Anda akan bangun pagi dalam keadaan segar.


Setelah

3 hari, tetap jalankan program Anda untuk berhenti merokok selama 3 minggu.

Tujuannya untuk menguji niat Anda apakah sudah benar kuat atau masih nggak

tahan godaan. Dalam waktu 3 minggu inilah sesungguhnya yang menentukan

kelangsungan rencana Anda.


Jika 3

minggu sudah berhasil, maka cobalah waktu yang lebih panjang menjadi 3 bulan. Mengapa

harus 3 bulan? Ingatlah bahwa cara menghentikan kebiasaan merokok tidak cukup

dalam 3 minggu, jadi tantang diri Anda dengan ujian yang semakin meningkat

levelnya.


Saat 3

bulan berhasil Anda lalui tanpa sebatang atau sehisap rokok, kambali jalankan

rencana Anda untuk ujian yang lebih panjang yaitu 3 tahun. Saat berhasil

melewatinya maka dapat dikatakan bahwa Anda telah berhenti merokok, itu artinya

rokok sudah benar benar jauh dari Anda.


Untuk

itu saya ucapkan selamat!


Pengalihan Perhatian


Trik

lain yang bisa Anda coba adalah dengan cara pengalihan perhatian. Ingat, rokok

itu mengandung zat adiktif yang meransang otak dan sarat kita agar kita selalu

ingat kepadanya. Jadi jika menurut Anda ada sesuatu yang lebih nikmat selain

merokok, maka lakukanlah itu untuk mengalihkan perhatian Anda. Baca: 10

Teknik Latihan Cara Berpikir Kreatif
.


Contoh,

jika Anda merasa nyaman melakukan jalan jalan sore atau berolah raga, seperti

futsal atau badminton, maka segera lakukan. Proses pengalihan perhatian ini

juga berperan dalam mambantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.


 


Itulah

beberapa tips sederhana tentang cara menghilangkan kebiasaan merokok

yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk

Anda, dan ditunggu tips lainnya ya.



Sumber er.com


EmoticonEmoticon