CARA MEMBUAT KUIS-SOAL-INSTRUMEN DENGAN TOKEN MENGGUNAKAN GOOGLE FORM
Pengen bisa membuatsoal online seperti gambar di samping? Ikuti langkah-langkah detil cara membuatnya berikut ini!
Google form ialah salah satu fitur google drive yang disediakan bagi Anda untuk menciptakan kuisioner mirip instrumen penelitian, monitoring dan penilaian, bahkan untuk menciptakan kuis atau instrumen penilaian pembelajaran. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini cuma diperlukan alamat email yang aktif untuk login ke akun Anda di google kemudian buka google drive di akun Anda tersebut.
Kuisioner google form mampu berisi teks, tabel, gambar/grafik (jpeg atau png), dan video. Sedangkan pilihan isian data mampu berupa teks singkat, teks panjang (paragraf), opsi ganda, kotak centang, drop-down, skala linear, kisi pilihan ganda, petak kotak centang, tanggal, waktu, dan upload file. Semuanya mampu digunakan sesuai dengan jenis tanggapan yang kita kehendaki.
Kuisioner dengan google form ini mampu dibagikan kepada responden dalam 3 format yang dapat diseleksi sesuai kebutuhan kita. Kuisioner mampu dibagikan dengan saluran alamat email responden, atau link yang mampu diakses responden, atau kuisioner disematkan (embeded) dalam laman atau webblog kita. Hasil penilaian/pendataan dari google form dapat diunduh dalam bentuk file excel yang mampu dijadikan dasar keperluan analisis risikonya.
Kali ini akan dibahas bagaimana cara menciptakan kuis atau alat penilaian berupa soal opsi ganda.
Sebelum Anda mengawali lakukan persiapan sebagai berikut:
1. Naskah soal pilihan ganda dalam office word format doc atau docx yang hendak dibentuk dalam google form.
2. Kunci tanggapan soal opsi ganda tersebut
3. Kumpulkan file-file tersebut dalam 1 folder untuk mempermudah mencari dan menemukannya.
4. Siapkan aplikasi snipping tool yang merupakan aplikasi bawaan windows (lazimnya ada di menu windows accessories) yang akan digunakan untuk proses print screen gambar, grafik, atau teks pajang berbentukpernyataan, paragraf, obrolan, dan sejenisnya.
5. Browser yang sudah terkoneksi jaringan internet, mampu menggunakan google chrom, mozilla, internet explorer, dan browser lainnya.
6. Alamat email aktif dan passwordnya.
1. Buka apalagi dahulu file soal opsi ganda yang telah disiapkan dan file kunci jawabanya.
2. Buka browser anda: contohnya
> buka mozilla
> ketik google di kafe penelusuran
3. Setelah laman google terbuka, kerjakan:
> login akun dengan klik sign-in
> choose an account. Pilih alamat email Anda yang sudah tertera, atau pilih
> use another account
> ketik email Anda
> next
> password
Terkadang setelah itu muncul ajakan konfirmasi metode pengaman alamat email Anda mirip muncul nomor HP dan alamat email untuk recovery password bila lupa. Jika data tersebut benar, maka tinggal
> klik confirm.
Dan kini Anda sudah masuk akun google Anda (tampakada akronim nama atau poto Anda di pojok kanan atas browser)
4. Bersiap masuk google drive dengan
> klik titik 9 di pojok kanan atas,
Di dalam Drive kita perlu buat folder yang kita siapkan untuk menyimpan file soal-soal yang kita buat supaya mudah untuk menemukannya di masa akan datang. Fungsi folder ini sama seperti folder di laptop yang berisi file-file sejenis yang dikelompokkan di dalamnya.
5. Untuk menciptakan folder dari Drive
> klik + Baru
> Folder
6. Anda juga bisa mengubah warna folder kumpulan soal ini supaya lebih mudah diketahui dengan
> klik kanan folder kumpulan soal
> ubah warna
> klik warna yang diharapkan.
7. Sekarang buka folder kumpulan soal dengan cara
> klik dua kali dan terlihat belum ada file di dalamnya (masih kosong). Kemudian
> klik + Baru
> yang lain
> google formulir.
Sudah terbuka dan terlihat “Formulir tanpa judul” ganti dengan
> ketik judul kuis Anda contohnya: Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7. Dan di sebelah kiri atasnya nama file tertulis “Formulir tanpa judul”
> klik Formulir tanpa judul sehingga akan terisi nama file yang sama dengan judul kuis Anda adalah Penilaian Akhir Tahun (PAT) IPA Kelas 7
8. Membuat pertanyaan pertama (lembar ke-2):
Perhatikan baris/lembar ke-2 kuis ini terdapat goresan pena “pertanyaan tanpa judul”.
> Ketik di sini “Nama Siswa” dan isian dari pertanyaan ini secara otomatis akan merujuk “teks tanggapan singkat”.
Kemudian Anda bisa menambahkan deskripsi untuk pertanyaan ini dengan cara
> klik titik 3 di pojok kanan bawah baris ini
> klik deskripsi
> tulis deskripsi di bawah pertanyaan Nama Siswa misalnya dengan ketik “Tulis nama kamu dengan lengkap”.
Kemudian di pojok kanan bawah aktifkan tombol “wajib diisi” dengan cara
> geser tombol ke kanan menjadi berwarna biru supaya pertanyaan ini menjadi wajib dijawab oleh siswa/responden.
9. Membuat pertanyaan ke-dua (lembar ke-3):
Dari lembar sebelumnya,
> klik tanda plus + yang ada di sebelah kanan lembar pertanyaan Nama Siswa, maka muncul lembar baru bertuliskan “pertanyaan” dan ini akan muncul setiap kita menyertakan lembar pertanyaan baru.
Kali ini kita akan menyertakan kelas siswa dengan
> mengetik di “pertanyaan” dengan tulis “Kelas” kemudian di sebelah kanannya
> ganti option “opsi ganda”
> klik menjadi pilih “drop-down”.
Kemudian isikan pilihan tanggapan untuk kelas ini dengan
> ketik: 7 A, 7 B, 7 C, dan seterusnya sesuai jumlah kelas 7 di sekolah Anda, atau kelas yang lain disesuaikan. Anda dapat
> menambahkan deskripsi dengan cara yang serupa mirip pertanyaan sebelumnya, dan
10. Membuat TOKEN (lembar ke-4):
Tambahkan lembar/baris gres dengan
> klik tanda + di sebelah kanan pertanyaan lembar 3.
Dengan cara mirip sebelumnya,
> ketikkan TOKEN, sehingga tanggapan di bawahnya berisi “tanggapan teks singkat” lalu
> klik titik 3 di pojok kanan bawah,
> centang “validasi respon” kemudian di bawah validasi respon
> ganti “angka”dengan “teks”,
> ganti “angka ialah” dengan “berisi” kemudian
> isi “teks” dengan token yang hendak kita pakai, contohnya “PAT7IPA” dan di sebelah kanan
> ketikkan “isi teks kesalahan khusus” dengan komentar dikala siswa salah menuliskan token, contohnya
11. Membuat soal nomor 1 (lembar ke-5):
> Tambahkan lembar gres.
> copy teks pokok soal nomor 1 (tidak tergolong pilihan balasan soal) dari file word soal pilihan ganda yang Anda siapkan.
> paste di “pertanyaan” lembar ke-5 ini. Setelah pokok soal tertulis di lembar ini, tentukan jenis balasan di sebelah kanannya berupa “Pilihan ganda”
> copy teks pilihan tanggapan (sekaligus A, B, C, D) dari file soal.
12. Setelan google form:
Geser dan arahkan penampilan ke bab paling atas kuis ini. Di bab kanan atas terdapat ikon tema, pratinjau, dan setelan.
> klik setelan, maka ada 3 langkah yang mesti dilalui adalah: setelan biasa , presentasi dan kuis.
Setelan Umum:
Ada 4 setelan umum yang dapat diseleksi dengan memberikan tanda centang (√) selaku berikut:
> “kumpulkan alamat email”: jika opsi ini dicentang (√) maka setiap siswa/responden wajib menuliskan alamat email yang aktif. Keuntungannya siswa akan mendapatkan email hasil kuis dan analisisnya yang dikirim secara otomatis lewat alamat email tersebut. Kelemahanya kadang kala siswa tidak memiliki email aktif atau belum familiar menggunakan alamat email. Sebaiknya opsi ini tidak butuhdicentang. Skor dan analisis hasil siswa masih dapat diperoleh siswa dengan cara lain.
> “batasi ke 1 balasan”: kalau pilihan ini dicentang (√) maka mengakibatkan siswa cuma mampu 1 kali mengerjakan soal dan siswa akan diminta login google sebelum melakukan kuis ini. Jika siswa akan diperkenankan menjalankan soal lebih dari 1 kali, maka opsi ini jangan dicentang.
> “edit setelah mengirimkan”: Jika opsi ini dicentang (√) maka sehabis siswa selesai melakukan soal meskipun dibatasi hanya 1 tanggapan, siswa masih mampu mengedit jawaban, mengganti tanggapan yang salah untuk diganti tanggapan yang benar. Dan skor yang terrekam dalam file hasil evaluasi adalah skor hasil edit pekerjaan siswa terakhir. Sebaiknya pilihan ini jangan dicentang sehingga siswa tidak dapat mengedit jawaban soal.
> “lihat diagram ringkasan dan respon teks” dianjurkan tidak dicentang, sebab bila dicentang siswa akan dapat menyaksikan semua respon jawaban siswa lainnya yang sudah mengisi kuis.
13. Setelan presentasi
Ada 4 setelan lazim yang mampu dipilih dengan menunjukkan tanda centang (√) selaku berikut:
> “Tampilkan status progres”: Jika pilihan ini dicentang (√) maka siswa dapat melihat status halaman yang sedang aktif dan jumlah halaman semuanya yang mesti diisi. Sebaiknya setelan ini dicentang.
> “Acak urutan pertanyaan”: Jika pilihan ini dicentang (√) maka urutan soal akan diacak secara otomatis. Jika setiap soal Anda dilengkapi dengan nomor soal, maka nomor soal tetap tidak berubah, namun urutnya menjadi acak dan tidak terorganisir. Jika setelan ini akan dipakai, direkomendasikan soal tidak dibubuhi nomor soal.
> “Tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain” setelan ini bisa diseleksi bila opsi “batasi ke 1 jawaban” pada setelan biasa TIDAK dicentang. Setelan ini memperlihatkan akses siswa untuk mengisi tanggapan soal berkali-kali dengan hasil yang semuanya terrekam dalam file hasil respon.
> “Pesan konfirmasi:” dipakai untuk menuliskan teks yang akan muncul saat siswa akhir menjawab soal dan melaksanakan proses KIRIM/SUBMIT tanggapan. Jika setelan ini tidak diisi, maka secara otomatis pesan konfirmasi akan tertulis “Tanggapan Anda telah direkam”.


14. Setelan Kuis
> tombol geser: “Jadikan ini selaku kuis”. Geser tombol ke kanan sehingga aktif (berwarna biru)
“Rilis nilai”: ada 2 opsi rilis nilai dimana siswa akan mampu menyaksikan skor hasil evaluasi.
> “Segera setelah setiap pengantaran” pilih ini dengan klik radio botton jika ingin siswa dapat menyaksikan skor langsung sehabis proses KIRIM/SUBMIT.
> “Nanti, setelah peninjauan manual” (Aktifkan koleksi email). Jika pilihan ini yang diaktifkan (dengan cara klik radio botton) maka siswa tidak dapat melihat langsung skor hasil penilaian. Setelan ini juga menyebabkan adanya keharusan pengisian alamat email siswa pada awal kuis, dan memunculkan ospi “Rilis skor”pada lembar tanggapan/respon di kuis kita ini. Kita dapat mengumumkan nilai/skor siswa secara serentak dengan > klik Rilis skor dan mengantarskor untuk semua alamat email siswa.
“Responden mampu melihat:” ada 3 opsi yang mampu dilihat siswa:
> “Pertanyaan tak terjawab” pilih dengan dicentang (√) agar siswa mampu melihat soal yang tidak terjawab.
> “Jawaban yang benar” Jangan pilih setelan ini, supaya siswa belajar lagi mencari sendiri balasan soal yang masih salah.
> “Nilai poin” pilih dengan dicentang (√) semoga siswa dapat menyaksikan skor hasil penilaian.
Semua pengaturan setelan yang sudah disetting akan berfungsi bila diakhiri dengan
15.Setelan yang lain:
> klik titik 3 di pojok kanan atas kuis,
> klik preferensi sehingga timbul pop up “setelan default”
Di bagian Pertanyaan pilih dengan mencentang:
> “Jadikan pertanyaan wajib” dicentang semoga semua pertanyaan menjadi wajib dijawab siswa.
> “Nilai poin kuis default” centang opsi ini, lalu isikan point default dengan angka 1. Perlu diperhatikan: tentukan pertanyaan yang bukan soal ganti skor dengan 0 (nol).
Di setelan yang lain Anda juga mampu menambahkan pengaturan pembatasan waktu solusi soal dan lain-lain, dengan menyertakan Add on dari pengembang pihak ke-3.
16. Membuat kunci jawaban:
Kembali ke lembar soal nomor 1 (lihat point 11 di atas)
Lihat di bab kiri bawah lembar soal 1:
> klik kunci jawaban
> klik option sesuai kunci (A, B, C, atau D)
> ubah point soal menjadi 1 jika masih 0 (nol)
> klik akhir (di bagian kanan bawah)
17. Menyiapkan gambar dari soal.
Salah satu kelemahan teks dalam google form yakni tidak mampu memperlihatkan teks dalam garis baru. Enter dalam teks tidak berfungsi. Sehingga bila ada soal dalam bentuk teks panjang seperti bacaan, pernyataan, dialog, ilustrasi, narasi, dan sejenisnya perlu dijadikan gambar screen yang dapat ditempelkan dalam soal. Begitupun soal dalam bentuk gambar, grafik, tabel mampu dimasukkan dalam soal.
Untuk menciptakan print screen teks, gambar, grafik dll dapat dibantu dengan gampang memakai aplikasi snipping tool bawaan windows. Cara aksesnya selaku berikut:
> klik kanan “star windows”
> klik search
> ketik snipping tool (di kotak search bar)
> klik kanan ikon snipping tool
> klik pin to task bar (ikon snipping tool akan muncul di task kafetaria di bab bawah layar laptop Anda)
Praktikkan untuk menciptakan gambar dari soal
> buka file soal bergambar dari file soal. Atur view soal sehingga cukup gampang untuk dipoto screen
> klik ikon snipping tool
> klik new
> drag bab gambar yang dimaksud
18. Menambah gambar dalam soal
> tambahkan lembar soal gres
> copy paste teks soal dari file ke dalam pertanyaan di lembar soal google form
> klik ikon image (di sebelah kanan teks soal) sehingga muncul windows “sisipkan gambar”.
> klik Cari, lalu pilih gambar “soal-04” yang sudah tersimpan di folder.
> klik open dan kini gambar sudah tersemat di bawah teks soal.
> Kemudian copy paste option tanggapan
> kemudian tentukan kunci tanggapan (mirip langkah yang diterangkan sebelumnya)
Anda juga mampu menyematkan gambar pada opsi balasan soal dengan tindakan penyisipan gambar di atas.
19. Membuat batas-batas halaman soal.
Pada dasarnya isi kuisioner ini dibedakan menjadi dua bagian yakni bagian data siswa dan bagian soal. Bagian ini dapat dipisahkan ke dalam 2 halaman yang berbeda. Apalagi jika Anda menggunakan TOKEN, maka butir soal tidak boleh muncul sebelum siswa memasukkan TOKEN dengan benar. Buatlah batasan halaman persis antara lembar TOKEN dengan lembar soal no 1, dengan cara:
> klik lembar yang ada TOKEN ( di dalam teladan ini lembar ke-4)
> klik ikon tambahkan bab ( di sebelah kanan bawah lembar ke-4 ini)
Maka timbul bab 2 bertuliskan “Bagian tanpa judul” tuliskan di sini “LEMBAR SOAL PAT”
Maka kuis Anda sudah terpisah dalam 2 halaman.
20. Publish dan sharing kuis atau soal
Jika semua soal telah tamat dibentuk, maka sebelum Anda men-share soal perlu dilihat dahulu seperti apa performa/view soal yang sudah dibuat, dengan cara
> klik ikon pratinjau (ada di pojok kanan atas halaman awal soal). Jika semua sudah sesuai lakukan
> klik Kirim (ada di sebelah kanan pratinjau) untuk menerima link alamat google form soal Anda.
Ada 3 opsi sharing file ini:
1. > ikon email, bila Anda membagikan dengan menambahkan alamat email siswa.
2. > ikon link, Jika Anda menyebarkan kepada siapapun yang menerima link soal. Akan muncul alamat URL panjang secara otomatis. URL ini dapat diperpendek dengan
> centang kotak perpendek URL
> Salin. Kemudian paste URL di file word untuk mempermudah Anda menyebarkan link di platform media umum group siswa atau yang lainya.
Cara ini lebih disarankan sebab paling mudah.
3. > ikon embeded, kalau soal Anda akan disematkan dalam web atau web-blog Anda.
21. Melihat hasil atau respon evaluasi siswa:
Jika soal soal diisi dan dilaksanakan oleh siswa, maka Anda dapat menyaksikan akibatnya dari google form soal Anda ini. Lihat di bab atas form Anda ini ada “Pertanyaan” yang isinya soal-soal yang sudah dibentuk dengan tindakan di atas, dan “Respon” berisi hasil pengisian soal siswa.
> klik respon
> klik ikon menciptakan spreadsheet (berwarna hijau)
> klik buat spreadsheet baru
> klik buat. Hasilnya akan berbentukfile excel berisi respon dan jawaban siswa yang dapat didownload dengan cara:
> klik File
> download
> Microsoft excel
> simpan berkas
SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT.
Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah
Terimakasih
SEMOGA BERMANFAAT.
Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah
Terimakasih
EmoticonEmoticon