Sabtu, 11 April 2020

Tips Terampil Menjadi Seorang Pendengar yang Baik

Seseorang

yang memiiki keterampilan berkomunikasi yang baik tentu terampil pula dalam hal

mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik merupakan kunci sukses dalam

berkomunikasi.


Memang

sulit untuk menjadi pendengar yang baik, terlebih topik pembicaraan tidak

sesuai dengan yang apa yang kita senangi, apalagi ketika Anda berkomunikasi

dengan klien. Contoh, anda sangat hobi menonton bola, namun klien Anda membahas

tentang sinetron, ya nggak nyambung.


Disatu

sisi, Anda wajib membuat klien Anda merasa nyaman saat berkomunikasi. Karena

pada saat itulah Anda akan menemukan jawaban “ya” atau “tidak” untuk sebuah

misi yang sedang Anda jalankan yaitu “Mencetak Goal”.




Dalam

beberapa bulan terakhir, saya sendiri mulai belajar menjadi pendengar yang

baik. Terutama profesi yang saya jalani memang setia hari bertemu klien.

Awalnya memang sulit menjadi seorang pendengar yang baik, namun karena sering

mendengarkan akhirnya saya pun terbiasa melakukannya, dan saya yakin Anda pun

bisa seperti itu.


Tips Terampil Menjadi Seorang Pendengar yang Baik


Komunikasi

yang baik adalah komunikasi yang terjadi dua arah, ada feedback dari lawan

bicara. Komunikasi memang tak pernah terpisah dari mendengar dan berbicara.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda simak agar menjadi seorang pendengar

yang baik, diantaranya:


•      Tatap

orang yang sedang berbicara
, saat Anda menatap mata lawan bicara Anda

akan melihat dan memahami maksud dan tujuan pembicaraan dengan cepat. Selain

itu, Anda juga memperhatikan dan menghargai lawan bicara Anda.


•      Condongkan

badan menghadap mereka
, hal ini menandakan keseriusan Anda saat

mendengarkan. Anda menghentikan semua aktivitas yang sedang Anda lakukan,

kemudian fokus pada topik pembicaraan.


•      Jangan

memotong


pembicaraan
, biasakan diri Anda untuk membiarkan lawan

bicara Anda selesai bicara, setelah itu baru Anda tanggapi. Ingat, Anda sedang

berkomunikasi yang intens bukan berdebat.


•      Ajukanlah

pertanyaan
yang

tulus
, saat Anda mendengarkan setiap pembicaraan, maka Anda pasti

memahami alur pembicaraan dan Anda tahu apa yang anda pahami dan tidak Anda

pahami. Bertanyalah tentang sesuatu yang belum Anda pahami, bukan untuk

menguji!


•      Ikuti

topik yang dibicarakan dengan penuh perhatian
, mimik wajah dan

ekspresi menentukan serius atau tidaknya seseorang dalam mendengarkan. Jadi

saat Anda menjadi pendengar, berusahalah fokus pada apa yang sedang

dibicarakan.


•      Gunakan

kata anda dan bukan “saya, aku, atau milikku”
, kata “Anda” merupakan

sapaan yang sopan kepada lawan bicara. Terlalu banyak mengatakan “Saya, Aku

atau Milikku” menandakan kita mementingkan diri kita.


Nah

itulah beberapa tips agar lebih terampil menjadi seorang pendengar yang baik.

Tidak ada yang lebih penting dari itu semua selain mencoba dan mempraktekannya

setiap saat. Baca juga: 8

Cara Melatih Kekuatan Pikiran
.


 


Tindakan

yang dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan, jadi biasakanlah menjadi

pendengar dan bukan penggerutu.



Sumber er.com


EmoticonEmoticon