Sabtu, 18 April 2020

JavaScript Uncover – Panduan Belajar JavaScript untuk Pemula

JavaScript Uncover



Sejak dirilis dari tanggal 9 Februari 2017 hingga sekarang (04 April 2021) eBook JavaScript Uncover telah dibaca oleh 2832 rekan-rekan Duniailkom. Terimakasih banyak atas dukungannya…


eBook JavaScript Uncover bisa didapat dengan harga Rp 60.000 melalui transfer Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan PayPal.


Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).


JavaScript merupakan bahasa pemrograman untuk HTML. Dengan JavaScript-lah sebuah kode HTML bisa “berfikir” dan berinteraksi dengan pengguna.



  • Ingin membuat jendela konfirmasi ketika penghapusan data?

  • Membuat menu dropdown yang berubah-ubah?

  • Menampilkan jendela pop-up?

  • Validasi form?

  • Membuat animasi?

  • Membuat slideshow?


Semuanya butuh JavaScript.


Perkembangan JavaScript juga sangat pesat. Saat ini muncul berbagai teknologi turunan JavaScript, seperti jQuery, Node.js, Angular.js, React.js, Meteor.js, dan masih banyak lagi.


Bersama-sama dengan HTML dan CSS, JavaScript menjadi teknologi inti dari pembuatan konten halaman web (front-end). HTML digunakan untuk membuat struktur dan isi dari halaman web (content). CSS untuk mempercantik tampilan website (design). Sedangkan Javacript berfungsi menangani interaksi (behavior). Sebutan kerennya:


“HTML for content, CSS for presentation and JavaScript for behavior”.


Di buku JavaScript Uncover ini saya akan membahas banyak aspek terkait dasar-dasar JavaScript, mulai dari sejarah, cara menjalankan kode JavaScript, mengenal ECMAScript, konsep dasar pemrograman ECMAScript, berbagai function bawaan, regular expression, date, pengenalan object, DOM (Document Object Model), event handling, BOM (Browser Object Model), form processing, hingga AJAX.


Kita juga akan membuat berbagai mini project atau case study, seperti menampilkan waktu saat ini, membuat validasi form, membuat dropdown dinamis, membuat jendela popup, membuat slideshow, hingga menampilkan tabel database menggunakan AJAX.


Buku JavaScript Uncover terdiri dari 662 halaman yang mencakup 26 bab, dengan rincian sebagai berikut:



  • Berkenalan Dengan JavaScript

  • Sejarah dan Perkembangan JavaScript

  • Menjalankan Kode Program JavaScript

  • Aturan Dasar, Variabel dan Konstanta

  • Variabel dan Konstanta

  • Tipe Data JavaScript

  • Operator JavaScript

  • Struktur Logika dan Perulangan

  • Function

  • JavaScript Object

  • Object Oriented Programming JavaScript

  • Number Object

  • Math Object

  • String Object

  • Regular Expression Object

  • Array Object

  • Date Object

  • Global Property dan Global Function

  • DOM (Document Object Model)

  • Document dan Element Object

  • DOM Event

  • Form Processing

  • BOM (Browser Object Model)

  • Window Object

  • AJAX

  • Case Study: SlideShow


Daftar isi lengkap bisa di download dari link berikut: Daftar isi JavaScript Uncover (dropbox)


Contoh sample eBook bisa di download dari link berikut:



Tampilan eBook JavaScript Uncover


Sama seperti eBook Duniailkom yang lain, fitur yang bisa didapat adalah:



  • Pembahasan materi yang mendalam. Buku JavaScript Uncover fokus membahas konsep dasar JavaScript dengan detail. Terdiri dari 662 halaman A4 yang meliputi 26 Bab. Jika disetarakan dengan ukuran buku komputer biasa yang berukuran A5, jumlah halamannya menjadi 1324 halaman!

  • Bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Buku ini ditulis dengan gaya penulisan yang sederhana seperti tutorial di duniailkom, dimana pembahasan materi selalu disertai dengan contoh dan tampilan hasil kode program. Hingga saat ini terdapat 650 lebih contoh kode program JavaScript.

  • Kode program dapat di download. Seluruh contoh kode program yang ada di buku bisa di download, sehingga sangat mudah untuk langsung melihat hasilnya.

  • Layout halaman yang professional. Tampilan buku disusun dengan menggunakan layanan dari publisher ebook Leanpub, sehingga materi tersusun rapi sesuai standar buku luar negeri.

  • Tersedia dalam format PDF dan ePub. Buku ini hadir dalam 2 format, sehingga nyaman di baca di layar komputer, tablet, maupun di smartphone.

  • Support konsultasi melalui email: duniailkom@gmail.com. Jika ada materi atau bahasan yang kurang jelas, bisa tanya-tanya via email (hanya materi yang ada di buku saja, tidak termasuk tugas / skripsi / project pribadi).



Mohon kerjasama rekan-rekan untuk tidak meng-upload, memperbanyak atau menjual ulang eBook ini. Lisensi eBook hanya untuk 1 orang saja (tidak diperkenankan beli 1 untuk dibaca rame2).


Jika memiliki blog, situs pribadi, atau channel youtube, mohon juga untuk tidak memposting materi apapun yang ada dibuku. Semua materi di eBook/buku Duniailkom sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual RI dan dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta.


Apabila terpaksa, pelanggaran terkait hal ini akan di tuntut dengan peraturan yang berlaku.





FAQ – Frequently Asked Question




Yang dibahas di dalam eBook JavaScript Uncover ini apa saja?


Sesuai dengan judulnya, JavaScript Uncover – Panduan Belajar JavaScript Lengkap untuk Pemula, ditujukan bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari JavaScript mulai dari dasar. Walaupun begitu, materi yang ada cukup lengkap untuk sebuah buku JavaScript pemula. Daftar isi bisa di download disini: Daftar isi JavaScript Uncover.


Berikut contoh mini project yang akan dibahas di dalam buku ini (klik untuk memperbesar):


Menampilkan Password


Dropdown Dinamis JavaScript


Window Object JavaScript


Validasi Form dengan JavaScript


Menggunakan AJAX


Membuat Slideshow dengan JavaScriptHarap diingat meskipun buku ini sudah cukup tebal, JavaScript Uncover baru buku pemula untuk JavaScript. JavaScript sendiri sangat-sangat luas, mustahil ada 1 buku yang bisa membahas segala aspek terkait JavaScript. Materi advanced seperti jQuery, pembuatan game, cookies, HTML5 API dan Node.js belum tersedia.


Apakah ada materi tentang jQuery?


Belum ada. Rencana saya nanti akan ada buku khusus jQuery Uncover, karena materi jQuery sendiri sangat luas. Buku JavaScript Uncover fokus membahas JavaScript saja (Native JavaScript), yang menjadi dasar paling pas sebelum masuk ke jQuery.


Apa saya perlu paham HTML, CSS dan PHP terlebih dahulu?


Idealnya iya. Syarat utama sebelum ke JavaScript adalah HTML. Jika anda belum pernah belajar HTML, silahkan dipelajari terlebih dahulu, misalnya dari buku HTML Uncover. Di buku JavaScript Uncover ini saya berasumsi pembaca sudah paham dan bisa menulis kode HTML.


Beberapa materi juga berkaitan dengan CSS, terutama di bagian akhir buku. Walaupun tidak harus, tapi untuk bisa memahami materi ini dengan maksimal memang perlu CSS. Minimal paham apa itu property CSS, selector CSS dan konsep cascading dari CSS.


Terdapat 1 bab khusus yang mengharuskan anda paham PHP, yakni yang berkaitan dengan AJAX.


Secara umum, programming di JavaScript juga sedikit lebih rumit daripada PHP, karena di JavaScript sudah mengggunakan pemrograman berbasis object. Belajar programming di PHP akan membantu anda untuk memahami konsep dasar programming, terutama bagi yang bukan dari background IT.


Jika sebelumnya anda sudah membaca buku HTML Uncover, CSS Uncover dan PHP Uncover, maka buku JavaScript Uncover ini adalah lanjutan paling ideal untuk memahami materi dasar web development.




Apakah nanti dapat update juga?


Untuk update ringan seperti perbaikan salah ketik (typo) atau ada kode program yang error, update bisa di dapat secara gratis.


Namun jika terdapat perbaikan besar seperti penambahan materi baru, itu akan jadi jatah buku terpisah (bukan merupakan update). Khusus yang sudah beli eBook versi sebelumnya, versi baru nanti bisa di order kembali dengan diskon 50%. Diskon berlaku hanya untuk versi eBook, tidak termasuk buku cetak.




Saya ada tugas / skripsi / project nih, kalau beli bukunya bisa bantu g?


Saya sangat ingin membantu jika mengalami kesulitan dalam proyek, tugas atau skripsi yang menggunakan JavaScript. Namun harap dimaklumi bahwa hal itu perlu waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika melibatkan database dan terdiri dari ratusan baris kode program.


Oleh karena itu pertanyaan melalui email atau WA, saya batasi hanya seputar materi yang dibahas di buku ini saja. Jika kode tersebut di dapat dari orang lain / situs lain, silahkan bertanya pada programmer yang merancangnya. Memahami coding orang lain jauh lebih sulit daripada kita yang buat sendiri.


Untuk pertanyaan di luar materi buku, saya batasi yang ‘ringan-ringan’, atau tentang web programming secara umum (yang tidak berhubungan dengan coding).




Ada versi cetaknya ga?


Ada. Versi buku cetak dari JavaScipt Uncover bisa didapat dengan harga Rp. 225.000. Harganya memang cukup mahal mengingat ketebalan buku ini (662 halaman A4), ngalah2in tebal kamus. Buku di cetak dengan kualitas tinggi dan menggunakan hardcover agar lebih awet.


Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dari Bandung 2kg (berat buku ini 1,66 kg sehingga terhitung 2kg). Pengiriman bisa via JNE, POS atau Wahana. Saya tidak menyediakan stock, setiap pemesanan akan dicetak dulu sekitar 5 – 7 hari kerja (maksimal 10 hari kalau order lagi banyak).


Jika berminat silahkan menghubungi duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808, atau langsung ke Official Store Duniailkom di Tokopedia: tokopedia.com/duniailkom. Isi buku di cetak hitam putih (bukan full color).


Tampilan Buku Cetak JavaScript Uncover Duniailkom




## TESTIMONI ##


Sedikit testimoni dari pembaca eBook / Buku Duniailkom


Testimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomTestimoni eBook DuniailkomReview eBook Duniailkom





Cara belinya bagaimana?


eBook JavaScript Uncover bisa didapat dengan harga Rp 60.000 melalui transfer Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, GoPay, OVO, Dana, LinkAja, dan PayPal.


Untuk pemesanan bisa ikuti panduannya di: Cara Pembelian eBook & Buku Duniailkom atau boleh email saya langsung ke duniailkom@gmail.com / WA ke 083180285808 (andre).



Semoga buku JavaScript Uncover ini bisa menjadi buku pengantar terbaik untuk memandu anda untuk menjadi seorang web programmer :)



Sumber wk.com


EmoticonEmoticon