Kamis, 16 April 2020

Langkah-Langkah Cara Share Aplikasi Dapodik/Pmp Agar Bisa Di Susukan Oleh Banyak Komputer Pc Atau Laptop

Langkah-pertama Siapkan komputer server

a. Pastikan Leptop/computer PC telah terinstal dapodik dan PMP 

b. Pastikan Terkoneksi Internet

Pada komputer server yang terpasang aplikasi dapodik atau PMP yang hendak dishare silahkan seting konfigurasi di bawah ini:
a. Klik start hidangan > mycomputer klik kanan kemudian pilih hidangan properties atau mampu juga lewat kontrol panel, silahkan masuk ke control panel >  pilih system lalu pilih hidangan advanced system settings yang ada di sebelah kiri.
b. Pada obrolan system properties, silahkan aktifkan tab Computer name, kemudian tekan tombol Change, mirip gambar di bawah ini:


 c. Pada obrolan Computer Name /Domain Changed, lalu silahkan isikan nama komputer sesuka hati, gunakan nama yang mudah dikenang misal pmp-server atau dapodik-server,(PILIH SALAH SATUNYA) mirip gambar di bawah ini:
Kemudian silahkan tekan tombol OK. Komputer biasanya akan meminta restart silahkan restart saja komputer tersebut.
Penamaan tersebut mesti anda lakukan kalau komputer yang hendak dijadikan server belum dikasih nama, gunanya ialah biar alamat yang dipakai untuk mengakses aplikasi dapodik atau PMP nantinya dapat menggunakan nama komputer tersebut.
Misal jika komputer dikasih nama pmp-server maka aplikasi dapodik atau PMP mampu diakses memakai format nama-komputer:ports
Misal untuk aplikasi PMP, biasanya kan memakai alamat localhost:1745 jadi mampu diakses juga menggunakan alamt pmp-server:1745, goresan pena localhost bisa diganti dengan nama komputer yang kita seting.
Alamat pmp-server 1745 ini bisa dipakai di komputer server itu sendiri atau di komputer client yang mau mengakses aplikasi PMP tersebut.

Langkah #2 - Matikan Firewall

Firewall umumnya suka menghalangi koneksi sehingga walaupun konfigurasi benar kadang-kadang client akan sulit konek ke aplikasi dapodik atau PMP tersebut, oleh karena itu biar komputer lain dalam jaringan mampu mengakses Aplikasi Dapodik atau PMP, maka semestinya matikan saja Aplikasi firewall pada komputer server maupun di komputer pc lain yang akan mengakses aplikasi tersebut.

Cara untuk mematikan Firewall yaitu sebagai berikut:

a. Masuk ke kontrol panel, kemudian pilih windows firewall

b. Kemudian di segi kiri klik goresan pena Turn Windows Firewall On or Off
 c. Kemudian pada pengarutan windows firewall silahkan pilih turn off windows firewall, mirip pada gambar di bawah ini:



Kemudian jikalau sudah mampu pribadi Buka Web Browser di leptop yang berbeda dengan menuliskan

Untuk membuka PMP/Dapodik tergantung merubah dialog Computer Name /Domain Changed jikalau menulisnya seperti diatas buka Link
pmp-server:1745
Untuk dapodik menulis Link
Dapodik-Server:5774
Oke deh jika telah simpulan firewall di on kembali
SELAMAT MENCOBA 

Sumber https://opstirtayasa.blogspot.com


EmoticonEmoticon